Kementrian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan webinar Kelompok Informasi Masayarakat (KIM) se-Provinsi Jawa Timur dengan tema “Disiplin Pakai Masker, Tetap Produktif dan Aman Covid-19, Kamis (27-08-2020). Acara tersebut diikuti oleh KIM se-Provinsi Jawa Timur via aplikasi zoom termasuk KIM Prahu Informa Desa Kedungprahu.

“Belum semua wilayah di Indonesia terjangkau sarana informasi dan komunikasi yang memadai. Di sinilah KIM memegang peran strategis sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat”, terang Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.

Baca juga : Budidamber, Solusi Pemenuhan Nutrisi Cukup Dari Ember

KIM berperan penting dalam penyampaian informasi dari pemerintah ke masyarakat dan sebaliknya menyerap aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah. KIM juga sebagai penangkal hoaks dan isu negatif lainnya yang berpotensi menyebar di masyarakat.

Pesan dari Presiden Joko Widodo

Oleh sebab itu KIM patut menjadi motor penggerak dalam upaya penyebarluasan Gerakan Nasional Selalu Pakai Masker hingga ke pelosok negeri.

“Upaya pencegahan sangat penting dilakukan agar kita mampu mengurangi angka terkonfirmasi positif, salah satunya dengan memakai masker”, ujar dr. Daeng. M. Faqih, S.H.,M.H. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia selaku narasumber kedua.

Dewi Nur Aisyah S.K.M.,M.Sc.,Ph.D.,D.I.C Tim Pakar Satgas Covid-19 selaku narasumber ketiga menjelaskan secara rinci tentang efek proteksi perilaku pencegahan terhadap resiko terinfeksi Covid-19. 

Dengan sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menggunakan masker dapat menurunkan resiko penularan Covid-19 hingga 90 persen. Masker kain mampu menurunkan resiko penurunan hingga 45 persen sedangkan masker bedah menurunkan 70 persen. 

Efek proteksi perilaku pencegahan terhadap resiko terinfeksi Covid-19

Jika kita tidak bersinggungan langsung dengan kegiatan merawat pasien Covid-19, masker kain sudah mampu mencegah penularan Covid-19 tentunya diimbangi dengan jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Mari disiplin memakai masker agar kita tetap produktif dan aman dari Covid-19.

Share and Enjoy !

Shares