KEDUNGPRAHU.NGAWIKAB.ID – Sate godok Mbah Tri merupakan kuliner asli Desa Kedungprahu. Sate yang terbuat dari ayam kampung tersebut digodog atau direbus dengan racikan bumbu pilihan. Kuliner tersebut telah direkomendasikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dikutip dari akun instagram resmi Gubernur Jawa Timur @khofifah.ip, Khofifah merekomendasikan 10 top kuliner di setiap kabupaten. 10 top kuliner di Kabupaten Ngawi antara lain sate ayam godog mbah Tri.

Warung makan Mbah Tri terletak di Dusun Kedungprahu RT 003 RW 002 Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas. Pemilik warung bernama Sulastri.

“Warung sate ayam kampung godog Mbah Tri sudah berdiri sejak tahun 1970. Saat ini warung ditangani anak mantu saya. Alhamdulillah masih berjalan lancar sampai saat ini”, terang Sulatri.

Baca : Krupuk Bawang Barokah, Produk UMKM Yang Memberkahi

Apa Itu Sate Ayam Godog?

Sate merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan lidi tulang daun kelapa atau bambu. Umumnya sate dibakar menggunakan bara arang kayu. Namun, sate Mbah Tri digodhok (red : direbus) bukan dibakar.

Selain itu, sate godog ini terbuat dari daging ayam kampung. Ayam kampung memiliki zat besi yang lebih tinggi dibandingkan ayam potong.

Penampilannya sangat menggoda. Sate berwarna kuning segar. Aromanya juga menggoda selera. Racikan bumbu rempah-rempah ala Jawa Timur menyatu sempurna. Meski daging ayam kampung, dagingnya tidak alot. Ketepatan dalam merebus menjadi kunci utama. Mbah Tri menjaga kwalitas dengan memasak menggunakan pawon kayu bakar.

Sate disajikan dengan kuah bersantan dan sambal kacang. Sayurnya mirip dengan opor ayam, namun kuahnya memiliki rasa yang khas.

Selain sate ayam, warung Mbah Tri juga menyediakan nasi pecel, sayur ayam kampung dan rica-rica ayam.

Baca : Warung Nasi Pecel Mbah Pong : Sarapan Kedungprahu Yang Melegenda

Anda dapat menikmati sate ayam ini dengan harga 20 ribu rupiah untuk 10 tusuk sate. Sedangkan nasi pecel seharga 4 ribu rupiah.

Warung sate Mbah Tri buka dari jam 16.30 sampai 22.00. Biasanya sate ayam habis sebelum jam 8 malam.

Jika Anda penasaran silahkan berkunjung ke Warung Sate Ayam Kampung Godog Mbah Tri di Desa Kedungprahu. Tepatnya perempatan Kedungprahu ke selatan kurang lebih 100 meter.

Share and Enjoy !

Shares