KEDUNGPRAHU.NGAWIKAB.ID – Setelah Bupati Ngawi mengeluarkan SE Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tertanggal 9 Januari 2021. Pembatasan kegiatan terjadi pula pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Untuk sementara waktu, Posyandu diliburkan sesuai SE PPKM yakni tanggal 11 Januari – 25 Januari 2021. Disini, Kader Posyandu menjadi pahlawan di tengah PPKM.

Begitu pula di Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Posyandu Cendrawasih juga diliburkan sesuai kebijakan Bupati Ngawi. Pada Senin (18/1) Posyandu Cendrawasih 1 menghentikan sementara kegiatan Posyandu. Namun, pembagian Pemberian Makanan Tambahan (PMT) tetap dijalankan sesuai aturan berlaku.

Baca Juga :

Penerimaan PMT Posyandu PPKM
Penerimaan PMT dan obat cacing Posyandu Cendrawasih 1
PMT Posyandu PPKM
PMT Posyandu PPKM

Dalam kegiatan Posyandu di masa normal, Kader Posyandu begitu penting peranannya. Terlebih di tengah PPKM ini, Kader Posyandu bak pahlawan bagi balita juga masyarakat dalam menjalankan tugasnya. Jika di masa normal, Kader Posyandu bertugas memantau tumbuh kembang balita secara langsung. Melalui penimbangan berat badan, PMT juga edukasi terkait kesehatan balita. Maka, di tengah PPKM Kader Posyandu bekerja ekstra mengantar PMT door to door (ke rumah warga). Hal itu, demi memenuhi asupan gizi bagi balita. Selain pembagian PMT door to door, Kader Posyandu juga mendapat tugas tambahan. Yakni memastikan balita minum obat cacing yang dibagikan tiap 6 bulan sekali.

Semangat Kader Posyandu dalam mengemban tugas, patut kita apresiasi. Di tengah PPKM ini, Kader Posyandu dari rumah ke rumah membagikan PMT dan obat cacing demi memastikan balita di Desa Kedungprahu sehat. Namun, dalam menjalankan tugas juga dengan mematuhi protokol kesehatan.

Tutur Sunarto, Kepala Desa Kedungprahu di sela aktifitasnya.

Share and Enjoy !

Shares