KEDUNGPRAHU.NGAWIKAB.ID – Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bervariasi tiap bulannya. Seperti di bulan Maret ini adalah puding jagung manis, bolu pisang dan sate buah. Kreasi PMT yang dibagikan kepada balita di Posyandu Cendrawasih, Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi tersebut ternyata bahan lokal dan kaya manfaat.

Sebelum membahas manfaat dari PMT, mari kita pahami dulu perihal PMT. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan. Serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.

Dilansir dari laman kemkes.go.id, PMT balita merupakan pemberian suplementasi gizi untuk melengkapi kebutuhan gizi agar mencapai berat badan sesuai usia. PMT bukan berarti mengganti asupan dari makanan utama, akan tetapi menambah anak-anak sekolah dasar, balita dan bayi di dalam kandungan memiliki gizi yang lebih baik lagi.

PMT puding jagung, bolu pisang dan sate buah (buah naga, pepaya, belimbing manis), merupakan bentuk variasi PMT berbasis bahan lokal. Bahan dasar PMT tersebut merupakan salah satu komoditas lokal yang tumbuh subur dan melimpah di Kabupaten Ngawi.

Kandungan jagung memiliki tinggi gizi dan kaya serat karena mengandung karbohidrat, protein dan vitamin baik bagi dikonsumsi anak-anak usia minimal 6 bulan.

PMT Posyandu Cendrawasih

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Anak Menurut P2PTM Kemenkes RI

Dengan mengkreasikan pisang menjadi bolu pisang, anak-anak yang cenderung bosan dengan buah siap saji bisa merasakan manfaat pisang sebagai berikut :

Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

Pisang Perlancar Metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

Berita Terkait : Varian Olahan Jagung Rekomendasi Jualan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Jika peredaran darah anak lancar, daya konsentrasi pun meningkat sehingga proses belajar jadi lebih mudah.

Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

Ibu balita nantinya bisa mengkreasikan makanan anak di rumah, melalui bahan lokal yang mudah dicari namun kaya manfaat seperti jagung dan pisang. Sehingga, asupan nutrisi balita bisa terpenuhi.

Pungkas Suwarni, Kader Posyandu Cendrawasih

Share and Enjoy !

Shares