KEDUNGPRAHU.NGAWIKAB.IDUPT Puskesmas Padas bersama Satgas Covid-19 Desa Kedungprahu kembali melakukan contact tracing kepada warga terkonfirmasi positif covid-19, Kamis (15/07).

Contact Tracing atau Pelacakan Kontak adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencari dan memantau kontak erat dari kasus konfirmasi covid-19. Tujuannya, untuk memutus rantai penularan dan menemukan kasus sejak dini.

Dikutip dari kemkes, kasus konfirmasi dapat menularkan ke orang lain 2 hari sebelum kasus timbul gejala hingga 14 hari sejak timbul gejala.

Saat ini, ada dua orang warga Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas, Ngawi, yang terkonfirmasi positif covid-19. Satu dari Dusun Mendalan status OTG (Orang Tanpa Gejala). Dan satu dari Dusun Kedungprahu dengan status gejala ringan.

Petugas UPT Puskesmas Padas melakukan wawancara

Saat tracing, pihak Satgas Desa akan memberikan bantuan pangan kepada keluarga terkonfirmasi. Sedangkan, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa akan meminta identitas diri dan nomor telepon untuk memantau kesehatan pasien secara virtual.

Petugas UPT Puskesmas Padas bertugas mewawancarai dan mengecek saturasi oksigen. Kadar oksigen yang normal antara 95 sampai 100.

Setelah melakukan pengecekan, petugas UPT Puskesmas Padas akan menentukan tanggal isolasi pasien.

Kegiatan tracing warga terkonfirmasi positif wajib dilakukan oleh Satgas Covid-19. Masyarakat tidak perlu cemas ataupun takut.

Baca juga:

Share and Enjoy !

Shares