KEDUNGPRAHU.NGAWIKAB.IDGood news bagi ibu hamil dan menyusui, sekarang sudah bisa mendapatkan vaksin COVID-19 lho. Vaksin tersebut untuk melindungi ibu hamil dan bayinya dari infeksi COVID-19.

Kementerian Kesehatan memastikan akan segera memberikan vaksin COVID-19 kepada ibu hamil. Upaya tersebut juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Hal ditetapkan melalui Surat Edaran No. HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam PelaksanaanVaksinasi COVID-19.

Tapi, tentunya ada perlakuan/aturan tertentu vaksinasi bagi ibu hamil, mengingat ibu hami masuk dalam kriteria khusus. Seperti dilansir fanspage Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, aturannya yakni sebagai berikut :

  • Proses skrining / penapisan terhadap status kesehatan sasaran sebelum dilakukan pemberian vaksinasi dilakukan lebih detail dibandingkan sasaran lain.
  • Vaksinasi hanya bisa diberikan pada ibu hamil yang usia kandungannya sudah 13 minggu dan berada di trimester kedua (II) kehamilan. Ditunda jika usia kehamilan kurang dari 13 minggu.
  • Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut, maka vaksin bisa diberikan.

Baca Juga : JADWAL VAKSINASI DOSIS KEDUA GOR BUNG HATTA NGAWI

Vaksinasi ibu hamil tersebut akan menggunakan jenis vaksin COVID-19 platform mRNA yakni Pfizer dan Moderna , serta vaksin platform inactivated Sinovac.

Dari penjelasan diatas, dapat dipahami bahwa ibu hamil bisa mengikuti vaksinasi COVID-19. Vaksin melindungi kita. Jangan ragu, ayo divaksin saat vaksinnya tersedia!

Share and Enjoy !

Shares