KEDUNGPRAHU.NGAWIKAB.ID – Dalam rangka melaksanakan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui kegiatan Kelas Orang Tua untuk penanganan prevalensi angka stunting di TK Dahlia Desa Kedungprahu. Acara tersebut digelar pada Sabtu (4/9) di Prahu Laga Pool pukul 08.00 WIB.

Turut hadir dalam acara tersebut, Istamar, M.Pd., Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Drs. Mulas Setyo, M.Si., Korwil Pengawas Dinas Pendidikan Kecamatan Padas, Sunarto, Kades Kedungprahu, Suharti, S.Ag, M.Pd., dan Eny Dwi Hartini, S.Pd., Narasumber Kelas Orang Tua. TK Dahlia juga mengundang segenap orang tua/wali murid TK Kelas A dan B.

Baca Juga : TK Dahlia Raih Juara Dalam Gebyar PAUD 2021

Mari bersama mengupayakan penanganan stunting bagi putra-putri kita dengan memanfaatkan bantuan yg diberikan pemerintah

Tutur Sunarto, Kepala Desa Kedungprahu dalam sambutannya.

Benar, kita harus memperhatikan tumbuh kembang buah hati agar terhindar dari stunting

Terang Drs. Mulas Setyo, M.Si., Korwil Pengawas Dinas Pendidikan Kecamatan Padas membenarkan penuturan Kades Kedungprahu

Dari banyaknya lembaga se-Kabupaten Ngawi, hanya 14 lembaga yang dipercaya melaksanakan acara ini. Harapannya, tidak ada dikemudian hari lahir stunting lainnya. Berkaitan masalah PTM (Pembelajaran Tatap Muka), mengingat Ngawi sudah zona kuning. Kabupaten Ngawi akan melaksanakan PTM terbatas dengan SOP yang masih disusun

Tegas Istamar, M.Pd., Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi saat membuka Kelas Orang Tua
Kelas Orang Tua TK Dahlia Kedungprahu (1)
Narasumber pertama Kelas orang Tua
Kelas Orang Tua TK Dahlia Kedungprahu (2)
Narasumber kedua Kelas Orang Tua TK Dahlia

Acara memasuki inti yaitu Kelas Orang Tua dengan dua pemateri. Berikut ini kami sampaikan sedikit ulasan dari Narasumber.

  1. Narasumber pertama yaitu Eny Dwi Hartini, S.Pd., Koordinator Pengawas TK Kabupaten Ngawi dengan materi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yakni :
  • Hidup sehat dengan menjaga kebersihan
  • Memberi anak gizi seimbang, sehat dan hygienis
  • Menjaga kesehatan dengan olahraga
  • Istirahat yang cukup
  • Kelas orangtua (parenting)
  1. Narasumber kedua yaitu Suharti, S.Ag, M.Pd., Kasi Pembinaan PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi dengan materi Panduan Stimulus Psikososial, Peran pengasuhan dalam pemberian stimulus psikososial yakni :
  • Merespon
  • Mencegah
  • Memantau
  • Mendampingi
  • Menjadi Contoh

Keterampilan yang perlu dikuasai orangtua adalah keterampilan mendengarkan, bertanya dan bercerita.

Share and Enjoy !

Shares