Perpusdes Prahu Pustaka

Foto : Papan nama Perpustakaan Desa Kedungprahu “Prahu Pustaka”

VISI

Mewujudkan Masyarakat yang Cerdas, Kreatif dan Inovatif

Foto : Fasilitas di perpustakaan desa

MISI

  1. Menjadikan perpustakaan desa sebagai pusat pemberdayaan masyarakat
  2. Menjadikan perpustakaan desa sebagai pusat informasi dan sejarah
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perpustakaan desa
  4. Meningkatkan kreativitas masyarakat melalui perpustakaan desa
Foto : Gedung perpusdes tampak depan

HISTORY OF PERPUSTAKAAN PRAHU PUSTAKA

Perpustakaan Desa Kedungprahu berdiri pada tahun 2016. Semula bernama Perpustakaan “Taman Bacaan”. Pada tanggal 3 Mei 2016 Perpustakaan “Taman Bacaan” mendapat Piagam Penghargaan dari Bupati Ngawi sebagai Juara Harapan II dalam rangka lomba perpustakaan Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Ngawi  yang bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Ngawi yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ngawi.

Foto : Fasilitas di perpustakaan desa

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor: 188/06/404.302.10/2019 pada tanggal 22 Februari 2019 Perpustakaan Desa Kedungprahu berubah nama menjadi Perpustakaan “Prahu Pustaka”. Bulan Maret 2019 Perpustakaan Prahu Pustaka bersama 5 desa lainnya terpilih menjadi perwakilan kabupaten Ngawi dalam program “Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Foto : Pengelola Perpusdes dalam Peer Learning Meeting Nasional

Perpustakaan diharapkan mampu bertransformasi, bukan hanya menjadi pusat ilmu pengetahuan tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pendekatan transformasi dengan tiga metode, yaitu advokasi, kegiatan pelibatan masyarakat dan publikasi.

Share and Enjoy !

Shares